Berbagi praktik baik dala, impelemntasi Kurikulum Merdeka dan Perencanaan Berbasis Data adalah pengalaman yang sangat berharga terutama dilihat dari sisi satuan pendidikan. Banyak pemahaman yang dapat dialambil dari beberapa satuan pendidikan untuk kolaborasi dan nantinya bisa diimplementasikan di satuan pendidikan yang memang belum mendapatkan informasi secara utuh. Ini merupakakan pengalaman yang sangat berharga. Terlebih jika IKM ini dikaitkan dengan Perencaaan Berbasisi Data (PBD). Sejauh mana satuan pendidikan mengimplemntasikan IKM yang nantinya dijadikan bahan dalam raport pendidikan dan bermuara pada PBD. Rapor Pendidikan sejatinya menampilkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data dari hasil asesmen (yang dilakukan oleh siswa secara acak) dan survei-survei nasional (survey lingkungan belajar yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah) yang melibatkan satuan pendidikan.
Satuan Pendidikan dan Pemerintah Daerah dapat menjadikan Rapor Pendidikan acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, lalu membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh. Selain itu, publik juga dapat mengakses Rapor Pendidikan sebagai upaya gotong royong membenahi kualitas pendidikan. Korelasi antara IKM dan PBD tentu saja adalah bagaimana satuan pendidikan sudah melakukan tugasnya sebagai SMK PK, yang diharapkan kualitasnya jauh lebih baik sebelum PK. Dari RP inilah akan diketemukan berbagai macam gap yang nantinya akan dijadikan gap tersebut dalam perencanaan berbasis data satuan pendidikan.
peserta didik sebagai sumber data harus merasakan betul proses belajar yang diharapkan. berpihak pada mereka merupakan suatu kehaursan bagi SMK PK. karena merekalah sekolah bisa tetap bertahan. Semoga dengan perbaikan dan perubahan di satuan pendidikan mampu memberikan layanan terbaik yang nantinya akan membantu pemerintah selaras dengan tujuan pendidikan nasional. yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu. SEMOGA